Macam – Macam Jenis Percetakan

Percetakan merupakan sebuah bisnis yang sangat menguntungkan, kerena banyak orang membutuhkannya untuk mencetak undangan, mmt dan lain sebagainya. Pada umumnya kata cetak / print adalah sebuah tindakan membuat sebuah tulisan maupun gambar melalui sebuah alat diatas sebuah media yang dapat dilihat secara visual oleh mata dan dapat diduplikasi dengan hasil yang sama.

Seiring perkembangan jaman , percetakan juga ikut berkembang dan memiliki beberapa kategori. Ada beberapa jenis percetakan secara umum terbagi dalam 4 kategori berdasar jenis mesin percetakan atau printing yang dipergunakan. Berikut penjelasannya :

 

  1. Percetakan Offset / Offset Printing

Percetakan offset merupakan salah satu jenis percetakan yang menggunakan teknik cetak dimana citra (image) bertinta di-transfer (atau di “offset”) terlebih dahulu dari plat ke lembaran karet, setelah itu ke permukaan yang di cetak.  Hasil printing yang dihasilnya biasanya seperti undangan pernikahan, Majalah, Buku Yasin, Label dan semua yang berbahan kertas.

  1. Percetakan Sablon

Percetakan sablon merupakan salah satu jenis percetakan yang menggunakan teknik mencetak dalam berbagai media seperti kaos, plastik, kertas, kaca, kayu dan lain sebagainya menggunakan alat bantu berupa screen sablon ( biasanya sering disebut film sablon). Menyablon sendiri sekilas tampak mudah dan sederhana, kenyataannya menyablon membutuhkan kemampuan khusus untuk mendapatkan hasil yang berkualitas. Hasil cetak yang dihasilkan berupa sablon paying, sablon kertas, sablon plastik, sablon dus, sablon piring, dsb.

  1. Percetakan Digital / Digital Printing

Percetakan printing merupakan salah satu jenis percetakan yang menggunakan mesin digital atau mesin berteknologi digital ke media cetak yang akan digunakan.  Seperti membuat MMT atau Spanduk untuk baliho, menggunakan mesin digital printing outdoor yang dapat mencetakan pada bahan semi plastik.

  1. Percetakan 3 Dimensi / 3D Printing

Percetakan 3 dimensi merupakan teknologi terbaru dari berkembanganya teknologi sekarang ini. Percetakan 3 dimensi sendiri masih jarang kita temui di Indonesia maupun di kota besar indonesia seperti semarang. Percetakan 3d memiliki sebuah kelebihan karena dapat mencetak sebuah benda yang memiliki volume, dengan kata lain dapat mencetak barang seperti bentuk aslinya.

 

Setiap percetakan memiliki kelebihan serta kekurangan masing – masing tinggal anda sesuaikan dengan apa yang anda butuhkan. Bila anda ingin membuat sebuah Undangan Pernikahan berarti anda pergi ketempat percetakan offset atau percetakan sablon. Demikin artikel tentang macam – macam jenis percetakan semoga informasi diatas bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *